MEMBUAT PAS POTO dengan POTHOSHOP

 MEMBUAT PAS POTO dengan POTHOSHOP

Kebutuhan pas poto dalam keperluan sehari - hari sering  diperlukan. Sebagai comtoh saat membuat, KTP, Kartu Pelajar, Ijazah, Daftar Riwayat Hidup, Lamaran Kerja dan lainnya.
Walaupun  biaya cetak pas poto tidak terlalu mahal, tetapi akan sangat berguna bagi kita untuk mempelajari bagaimana membuat pas potodari photoshop.

Ada beberapa ukuran pas poto yang kita gunakan diantaranya 2 x 3, 3 x 4, dan 4 x 6 dengan satuan centimeter. Baground atau latar belakang ada 2 macam yaitu biru dan merah.Biru digunakan untuk orang dengan tahun kelahiran genap. Merah untuk orang dengan tahun kelahiran ganjil. Ada juga khusus untuk mengurus SKCK menggunakan baground warna merah.Berikut ini cara untuk membuat pas foto menggunakan photoshop

1.Buka Foto menggunakan Photoshop ( di sini saya menggunakan Adhobe Photoshop CS 6 ), atau menggunakan CS 2 , CS 7 caranya tidak jauh berbeda.
cara membuka foto pada photoshop
pilih foto yang dikehendaki
2.Potong foto menggunakan Crop toll
Crop toll adalah alat pada pfotoshop yang berguna untuk memotong gambar beserta canvas pada lembar kerja. Penggunaan Crop tool  dilakukan untuk mengubah dimensi lebar dan tinggi foto beserta canvas sesuai yang dinginkan. Caranya adalah:
ukuran pas poto



crop toll - size & resolution - custom, untuk ukuran menggunakan milimeter . Pas poto Ukuran 2 x3 kita tulis 20 mm x 30 mm, 3 x 4 kita tulis 30 mm x 40 mm, 4 x 6 , kita tulis 40 mm x 60 mm. Resolution 300 dan Pixels/Inch.
tabel crop foto
1.poto sebelum di crop, 2.poto setelah di crop


Setelah semua selesai kemudian kita siapkan lembar kerja baru, untuk mengatur posisi poto
Caranya 
Klik File - new  - international paper,  untuk ukuran kertas A4, lalu posisikan sejajar dengan lembar kerja yang pertama.


tampilan 2 lembar kerja photoshop
 Geser poto yang telah di crop sesuai ukuran ke lembar kerja yang baru menggunakan move tool seperti pada gambar yang di lingkari
icon moove tool

pas foto siap di cetak

Demikian tentang cara membuat pas foto, terima kasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment