among tamu

Among Tamu

among tamu
Among Tamu atau biasa disebut Penerima Tamu adalah seseorang yang ditugaskan oleh tuan rumah ( orang yang sedang punya hajat ) untuk menrima tamu.Biasanya seorang Among Tamu ditunjuk dari bagian keluarga besar atau para tokoh masyarakat setempat misalnya Ketua RT, dan seterusnya.

Tugas Among Tamu
Tugas seorang  among Tamu adalah menyambut kedatangan para tamu undangan dan kemudian mempersilahkan duduk di tempat yang semestinya, misalnya tamu seorang sesepuh ditempatkan ditempat yang paling bagus dan nyaman begitu seterusnya.

Tata Cara Menjadi Among Tamu
Menjadi seorang Among Tamu harus mengetahui tata cara dalam menerima tamu antara lain :
  • Gupuh
Gupuh yaitu (age-age/ cepat-cepat ) atau apabila tamu datang sesegera mungkin diterima dengan dengan senyuman.
  •  Aruh
Aruh yang berarti (ngaruh-ngaruhi) atau menyapa dengan mengatakan kata-kata seperti, wilujeng rawuh, wilujeng enjang, siang utawi dalu,monggo katuran pinarak, atau selamat datang, selamat pagi, siang atau malam mari silahkan...
  • Lungguh
Lungguh artinya sebagai among tamu itu harus mencarikan tempat duduk, jangan sampai tamu bingung bagaikan layangan pedot, mencari tempat kesana kemari sendiri.
  •  Suguh
Suguh, seorang Among Tamu yang baik apabila ada tamu yang baru datang harus selalu diamati apakah tamu tersebut sudah mendapat suguhan baik minuman, maupun makanannya.. Karena mereka datang itu juga membawa tali adih untuk yang punya kerja, dan seorang Among tamu itu adalah wakil dari  orang yang punya hajat, Jangan sampai Among tamu malah menjadi tamu, duduk di deretan depan, ambil minuman yang seharusnya untuk tamu malah di minumnya. Jika ada tamu datang haruslah segera berdiri menyambutnya..Jika tempat duduk para tamu sudah terisi penuh,  sebaiknya lengser ke tempat yang disediakan para Among tamu...

Demikian postingan saya tentang Among Tamu, Semoga hal ini bermanfaat bagi anda yang di tunjuk sebagai Among Tamu.
Terima Kasih telah berkunjung di blog saya.

No comments:

Post a Comment