MASJID MENARA KUDUS

MASJID MENARA KUDUS


Pada tanggal 7 September 2018, kebetulan saya  mempunyai keperluan ke daerah Kudus, tepatnya di Kecamatan Undaan. Undaan adalah daerah yang paling selatan Kabupaten Kudus, merupakan pintu masuk Kudus dari Kabupaten Grobogan. Kesempatan ini saya pergunakan untuk sekalian jalan-jalan ke kota Kudus bersama keluarga.
Hari itu adalah hari Jum'at, sampai di Masjid Kudus sekitar jam 11.15 WIB, suasana masjid masih belum penuh, jama'ah berdatangan satu persatu sampai tiba saat adzan dukumandangkan masjid sudah penuh sesak.

Sekilas Tentang Masjid Kudus

Masjid ini berlokasi di Desa Kauman, Kecamatan Kota , Kudus Jawa tengah, Menurut Sejarah Masjid ini pertama kali mulai dibangun pada tahun 1549 Masehi atau 956 H, oleh salah satu wali songo Sunan Kudus atau Ja'far  Shodiq yang juga menantu Kanjeng Sunan Bonang. Istrinya bernama Dewi Rukhil.

Masjid Menara Kudus ini mempunyai 5 pintu di sebelah kanan dan 5 pintu di sebelah kiri,  4 buah jendela dan 5 buah pintu besar. Di dalam masjid terdapat 8 buah tiang besar dari kayu jati untuk menopang atap masjid.
Didepan masjid terdapat sebuah menara, dengan luas bangunan 100 meter persegi, tingginya 17 meter, menurut cerita Sunan Kudus membangun menara ini dengan cara menggosok gosokkan batu bata yang satu dengan yang lainnya.
Bentuk menara masjid Kudus merupakan perpaduan budaya Hindu dan Islam, menara ini memiliki bentuk yang menyerupai bentuk candi, diatas menara terdapat kubah seperti kubah pada masjid tradisional Jawa, yang berfungsi sebagai tempat mengumandangkan adzan.

Makam Wali
Dilokasi Masjid menara Kudus juga terdapat makam Sunan Kudus, Makam ini selalu ramai dukunjungi peziarah baik dari dalam kota maupun luar kota. Selain itu juga terdapat bangunan bangunan peninggalan sunan Kudus untuk pertemuan dan memberi wejangan untuk para santri pada zaman dahulu.

Sebagai tempat wisata, disekitar masjid banyak sekali tempat yang menjual makan khas , cendera mata dan peralatan ibadah seperti peci, sajadah, kain sarung dan lainnya. Saya membeli 4 peci dan 2 kain sarung untuk saya dan 3 anak saya. Penjual disini menggunakan harga pas jadi tidak bisa ditawar.

Sekian tentang Masjid Menara Kudus, masjid bersejarah yang harus anda kunjungi saat singgah di kota Kudus.

No comments:

Post a Comment