Syiiran Jawa Roda Papat Rupa Manungsa

Syiiran Jawa Roda Papat Rupa Manungsa

Umat islam tentu mengenal yang namanya Syiiran, karena syiiran ( kalau di  tempat saya disebut pujian ) selalu dulantunkan setelah adzan sambil menunggu jamaah datang sebelum iqomah. Isi dari Syiiran bisa berisi pitutur atau nasehat untuk mengingatkan tentang kebaikan, sebagai contoh adalah yang mengingatkan tentang kematian Roda Papat Rupa Manungsa.
Banyak sekali judul syiiran, dari berbagai tema dan bahasa. Ada yang berbahasa Jawa, bahasa indonesia ada juga yang menggunakan bahasa arab. Tetapi bagi masyarakat jawa yang lebih melekat dan mengena isi nasehat syiiran tentunya adalah bahasa jawa.
Syiiran berbahasa Jawa yang  merupakan nadzam, ada juga bacaan Istighfar yang di elaborasi dengan muatan nasehat lokal.. Syiiran Jawa bisa di katakan langgeng karena masih dilantunkan sampai sekarang dari zaman dulu, entah kapan syiiran itu diciptakan, mungkin oleh para wali atau ulama terdahulu. Berbeda dengan lantunan shalawat dari ciptaan zaman sekarang yang akan pudar apabila masanya telah berganti. Sebagai contoh saat sedang booming Deen Asalam yang dilantunkan group nasyod modern Sabyan setiap mushola, masjid selalu melantunkan sholawat ini, tetapi lambat laun akan berganti. Berbeda dengan dengan Syiiran Jawa.
Siapa yang tidak mengenal Syiir Tanpo Waton, Syiir ini hampir selalu dilantunkan saat acara pengajian. Dulu saya mengira syiir ini ciptaan almarhum Gus Dur, ternyata bukan, Syiir Tanpo Waton adalah ciptaan K.H. Moh Nizam As Shofa yang biasa di sebut Gus Nizam. Gus Nizam adalah pengasuuh Ponpes Ahlus Shofa wal Wafa , Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Beliau adalah putra Almarhum Ahmad Syaiful Huda dan Hj. Siti Maryam. Kakeknya K.H. Sahlan adalah tokoh Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah Mujadaddiyah.
Ada beberapa syiiran yang telah saya post di blog ini, diantaranya, Turi-turi putih, Syiir Tanpo Waton, Kidung wahyu Kalaseba, Saben malam jum’at, yang lainya akan menyusul. Di bawah ini adalah syiiran jawa yang dari saya masih kecil sampai sekarang masih terdengar di mushola sekitar.
SHOLATULLOH SALAMULLOH 
‘ALA TOHA ROSULILLAH
SHOLATULLOH SALAMULLOH 
‘ALA YASIN HABIBILLAH

Eling-eling sira manungsa
wong urip bakale mati
Ayo pada dadi wong bhekti
Maring Gusti Kang Maha suci.

Mumpung durung katekanan
Malaekat juru pati
Gole tekan embuh kapan
Kita menungsa ra bakal ngerti

Malaekat juru pati
Lirak lirik marang sira
Nggone nglirik angenteni
Dawuhe kang Maha suci

Tumrap kanggo kabeh menungsa
Gelem ra gelem bakal di gawa
Di enggoni sandangan putih
Yen wis budal ra bisa mulih.

Tumpakane kereto jawa
Roda papat rupa manungsa
Jujugane omah guwo
Tanpa bantal tanpa kloso

Omahe ra ana lawange
turu ijen ra ana kancane
Di tutupi anjang- anjang
Diurug lan di siram kembang

Wong sing layat pada nelangsa
Pada eling Pada rumangsa
Ayo pada eling marang Gusti
Urip neng dunyo mesti mati

Demikian sedikit tentang syiiran Jawa dan lirik Syiir Roda Papat Rupa Manungsa. Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog ini. Jangan Lupa share di media sosial para pembaca yang budiman.
Rahayu.
Terima kasih

No comments:

Post a Comment